Saturday 9 February 2013

Pemilihan Putra Putri Pembelajar ( PAPIJAR ) SMA N 1 Purbalingga


Pemilihan Putra Putri Pembelajar ( PAPIJAR ) merupakan salah satu event tahunan di SMA N 1 Purbalingga. Event ini dimeriahkan dan diikuti oleh 20 perwakilan Putra dan Putri pilihan dari setiap kelas X dan XI. Setiap kelas mengirimkan satu pasang Putra dan Putri pembelajar yang serasanya pantas untuk mewakili kelas mereka masing-masing. Setiap kelas di Ganesha berlomba-lomba untuk mengirimkan siswa terbaik di kelasnya. Semua kelas berharap agar perwakilan merekalah yang akan meraih puncak tahta di Pemilihan Putra dan Putri Pembelajar. Papijar merupakan salah satu event tahunan yang bergengsi di SMA N 1 Purbalingga. Karna pemilihan seorang  Putra dan Putri pembelajar ini didasari oleh kecerdasan Intelektual, spiritual dan juga kecerdasan emosional. Jadi hanya Putra dan Putri yang berpretasi saja yang bisa di kirimkan oleh setiap kelasnya.
Papijar juga bukanlah sebuah event yang sembarangan, karena pasangan yang berhasil mendapatkan juara 1 akan dikirim sebagai perwakilan SMA N 1 Purbalingga dalam ajang  Kakang Mbekayu Purbalingga. Cara penyeleksian pasangan-pasangan Putra dan Putri pembelajar ini adalah dengan cara diadakannya serangkaian tes bagi mereka. Macam-macam tes itu meliputi  tes tertulis, tes bakat, tes wawancara, tes kesehatan, dll. Dan puncak dari penyelenggaraan event Papijar adalah dikumpulkannya 20 peserta Papijar dihadapan semua siswa SMA N 1 Purbalingga. Para peserta Papijar di wajibkan untuk menggunakan berbagai pakaian daerah di Indonesia. Mereka berdandan seapik mungkin supaya bisa mengambil hati para dewan juri. Sorak sorai penonton ikut meramaikan event yang di selenggarakan oleh OSIS ini. Mereka memberikan dukungan kepada perwakilan kelasnya melalui tulisan tulisan dan juga berbagai sorakan-sorakan. Teriakan-teriakan para pendukung ikut menghanyutkan semangat para peserta Papijar untuk bisa membanggakan kelas dan juga teman-temannya.

Dari 20 pasang peserta Papijar yang cantik dan juga ganteng ini, akhirnya diumumkan hasil dari tes mereka yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Kemudian dipilihlah 10 besar Putra dan Putri Pembelajar. Dari 10 besar in iakan melanjutkan tes selanjutnya yaitu tes tanya jawab. Tes tanya jawab ini dilakukan secara langsung di depan sorak sorai dari masing-masing kelas. Setiap peserta mendapatkan sebuah pertanyaan yang langsung diajukan oleh Dewan juri dan juga langsung dijawab oleh peserta. Setelah sesi tes tanya jawab selesai, akhirnya mereka di saring kembali menjadi 5 pasang peserta berdasarkan perundingan para dewan juri. Dewan juri acara Papijar ini juga bukan hanya berasal dari kalangan guru saja tetapi juga berasal dari Dewan juri Kakang dan Mbekayu Purbalingga . Hal ini juga menjadi salah satu kebanggaan dari event Papijar di SMA N 1 Purbalingga. 5 peserta yang maju ke babak selanjutnya juga melanjutkan mengikutu sesi tanya jawab kembali yang diajukan oleh Dewan Juri. Kemudian dewan juri memilah milah mereka secara bijak, baik,dan juga dengan sangat teliti berdasarkan jawaban-jawaban yang  telah mereka berikan ke dalam sepasang  Putra dan Putri Pembelajar Ganesha. Akhirnya  terpilihlah sepasang  Putra dan Putri Pembelajar dari SMA N 1 Purbalingga yang akan di kirimkan dalam ajang Kakang dan Mbekayu Purbalingga.


0 komentar:

Post a Comment