Wednesday 2 March 2016

Pendakian Gunung Slamet

http://kamussekolah.blogspot.co.id/2016/02/persetankah-semua-ini.html
Pendakian Gunung Slamet

Gunung Slamet, mungkin banyak yang bertanya-tanya dan mungkin belum tahun tentang Gunung Slamet. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang Pendakian Gunung Slamet. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi nomor 2 di Jawa setelah semeru, dan tertinggi pertama di Jawa Tengah. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3428 Mdpl. Gunung slamet terletak di antara lima kabubaten di Jawa tengah yaitu Tegal, Pemalang, Brebes, Banyumas, purbalingga, jadi ada banyak alternatif jalur pendakian gunung Slamet.

Beberapa jalur pendakian Gunung Slamet :
1.     Jalur Bambangan -Purbalingga
2.     Jalur Guci -Tegal
3.     Jalur Baturaden - Banyumas
4.     Jalur Kaligua – Bumiayu
5.     Jalur kaliWadas – Brebes
6.     Jalur Dukuhliwung – Tegal

Dan jalur Bambanganlah yang menjadi Favorite para pendaki, karna jalur inilah jalur terpendek menuju puncak gunung Slamet. Untuk mencapai jalur ini cukup mudah, teman-teman tinggal naik kreta atau bus jurusan purwokerto, dari purwkerto naik bus lagi menuju jurusan purbalingga/Pemalang, lalu turun di Pertigaan serayu Mrebet. Dari pertigaan mrebet teman-teman bisa naik mobil boox menuju bascame pendakian.

            Jalur pendakian Gunung Slamet khususnya via Bambangan, terbilang jalur yang cukup mudah, dengan jalan setapak yang sudah jelas, sedikit adanya persimpangan dan jalan yang tidak terlalu miring. Gunung Slamet sangat cocok untuk dijadikan sebagai latihan bagi para pendaki pemula namun tidak ada salahnya juga pendaki yang sudah pro untuk mencobanya juga. Perjalanan menuju puncak Gunung Slamet kurang lebih sekitar 7-8 jam.

            Mengapa anda harus mendaki Gunung Slamet, karna di slamet di suguhi berbagai keindahan Alunan Alam, terdapat bebatuan terjal bak gunung semeru, terdapat lautan awan jida anda sedang beruntung dan berbagai vegetasi-vegetasi lainnya.

            Terdapat 9 pos yang ada di Gunung Slamet dengan waktu tempuh :
Pos1 – Pos2  : 1 jam 30 menit
Pos2 - Pos3    : 1 Jam 30 Menit
Pos3 – Pos4 : 30 menit
Pos4 – Pos5 : 40 menit
Pos5 – Pos6 : 20 menit
Pos6 – pos7 : 30 menit
Pos7 – pos8 : 20 menit
Pos8 – pos9 : 30 menit
Pos9 – Puncak : 30 menit
http://kamussekolah.blogspot.co.id/2016/02/persetankah-semua-ini.html


            Untuk anda yang ingin mendirikan tenda saya rekomendasikan untuk mendirikan di pos 5 atau pos 7, di sana juga ada semacam shelter kecil. Pos 5 dan 7 cukup luas dan banyak pendaki yang mendirikan tenda di pos itu.
           


1 comment: